undefined

Promosi Jualan Online
Jualan online tanpa promosi bisa dibilang kurang atau malah tidak ada hasilnya. Karena tanpa promosi calon pembeli tidak akan mengenal produk yang Anda tawarkan. Promosi itu sendiri dilakukan seperlu mengenalkan produk baik barang atau jasa yang Anda jual. Bila produk Anda dikenal banyak orang, maka semakin terbuka peluang terjadinya transaksi.


Apakah Anda ingin produk Anda dikenal secara luas dan jualan cepat laku? Berikut rahasianya:
• Mengenalkan Produk kepada Teman
Rahasia pertama kenalkan produk Anda kepada teman. Ini merupakan cara promosi gratis yang sekiranya cukup ampuh karena berjalan dari mulut ke mulut. Bila diantara teman Anda ada yang tertarik membeli jangan sungkan untuk mengambil foto kemudian mintalah teman Anda untuk memberi testimoni. Foto dan testimoni tersebut bisa Anda manfaatkan sebagai langkah promosi berikutnya. Imbangi upaya Anda dengan mengenalkan produk kepada target pasar yang disasar. Misalkan bila Anda memiliki target anak sekolah, maka promosikan di lingkungan sekitar sekolah, dan sebagainya.
• Membagi Selebaran Brosur
Cara ini mungkin bisa dibilang cara yang kuno. Akan tetapi, cara ini bisa Anda tiru sebagai media berpromosi. Hanya saja ada modal tersendiri untuk melakukannya. Bila ingin promosi secara hemat Anda bisa membuat selebaran pada kertas A4 yang dibagi 2-4 bagian. Berikan ulasan produk, kalimat persuasif, dan poin penting yang perlu dimasukkan. Cara ini sudah lama dicoba dan cukup efektif menarik pembeli agar berkunjung ke lapak jualan online Anda.
• Promosi Melalui Marketplace
Berpromosi melalui marketplace bisa dibilang cukup efektif. Baik untuk usaha berbentuk barang ataupun jasa. Meski Anda menawarkan produk nyata tetap promosi online bisa Anda lakukan. Malah dengan berpromosi online terbuka pasar lebih luas lagi. Sekarang ini ada banyak marketplace gratis yang bisa Anda manfaatkan sebagai media promosi. Namun, pastikan Anda tidak lupa menuliskan deskripsi produk, foto, profil usaha, alamat, cara pemesanan, cara pembayaran, testimonial, dan kontak yang bisa dihubungi.
• Promosi di Media Sosial
Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, atau Instagram untuk promosi. Melalui media sosial Anda bisa menjalin kekerabatan antara penjual dengan calon pembeli. Misalkan Anda menggunakan Facebook tersedia fanpage untuk lebih mudah berpromosi. Mengingat banyaknya pengguna media sosial artinya ada peluang pasar yang begitu besar. Sehingga calon pembeli Anda bisa berasal dari mana saja dan tidak menutup kemungkinan dari negara lain.
• Promosi di Blog atau Web
Dalam dunia jualan online blog dan Web sudah seperti lapak toko. Anda bisa memajang produk yang Anda jual di lapak. Dalam hal ini Anda bebas memilih web gratis atau berbayar. Hanya saja para calon pembeli biasanya lebih percaya dengan web berbayar karena mereka tidak ingin ambil risiko membeli dari oknum tidak bertanggung jawab. Desain dan tata web Anda sedemikian rupa agar terlihat profesional dan meyakinkan.
• Rahasia Promosi Tambahan
Untuk tambahan, manfaatkan beberapa event penting untuk berpromosi. Sebagai contoh Anda bisa berpromosi saat ada pameran atau bazar, promosi menggunakan banner, promosi di media massa, promosi di kolom baris iklan online, dan masih banyak lagi. Hanya saja memang ada biaya tambahan yang perlu Anda siapkan. Anda bebas memilih cara promosi yang sekiranya cocok dengan bisnis yang tengah dijalankan. Sebagai tahap awal memilih promosi gratis di media online dan sosial media juga baik dan cukup efektif meningkatkan angka jualan online.

Save